BERITA

Kabupaten Aceh Tengah diproyeksikan untuk menjadi sentra produksi Bawang Merah di Provinsi Aceh.

person access_time7 hours ago chat_bubble_outlineKABUPATEN ACEH TENGAH

Kabupaten Aceh Tengah diproyeksikan untuk menjadi sentra produksi  Bawang Merah di Provinsi Aceh.


Harapan tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, A. Hanan disela kegiatan panen bawang merah di Kampung Pedemun Kecamatan Lut Tawar, Sabtu (11/08). Hanan menyebutkan konsumsi bawang merah masyarakat Aceh mencapai 333 ton pertahun. Berdasar jumlah kebutuhan bawang merah tersebut diperkirakan harus ada lahan total untuk bawang merah seluas 4.125 hektar. “Sebagian besar lahan Aceh Tengah sangat cocok untuk tanaman hortikultura, khususnya bawang merah yang diharapkan menjadi sentra produksi di Aceh,” kata Hanan.


Program bawang merah di Kampung Pedemun tersebut merupakan bagian dari kegiatan lengembangan 20 hektar lahan Bawang Merah di Kabupaten Aceh Tengah. Disebutkan Hanan, total anggaran sektor pertanian dan perkebunan untuk kabupaten Aceh Tengah tahun 2018 berjumlah Rp. 18,3 Milyar yang bersumber dari APBN dan APBA.


Anggaran tersebut diperuntukkan bagi pengembangan bawang merah, cabe, kentang jeruk keprok Gayo dan Alpukat. Selain itu, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh juga fokus untuk peremajaan tanaman kopi, membantu alat dan mesin pertanian serta kegiatan penyuluhan.


Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar yang turut serta panen bawang hari itu menyebutkan khusus tanaman Bawang Merah perlu terus dikembangkan sesuai dengan kelayakan lahan. “Kualitas bawang yang dihasilkan sangat baik dan ini perlu terus mendapat perhatian untuk dikembangkan,” kata Shabela yang mengapresiasi besarnya bantuan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh untuk pengembangan pertanian dan perkebunan di daerah itu.


Seiring dengan upaya yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Shabela mengatakan pihaknya juga melakukan hal yang sama. “Pemberdayaan penyuluh, peremajaan tanaman kopi serta pengembangan hortikultura juga merupakan konsen kami di daerah,” ujar Shabela.


Kegiatan panen turut diikuti Dandim 0106 Aceh Tengah Letkol Inf. Hendry Widodo dan sejumlah pejabat daerah lainnya. Sumber “lintasgayo.co”

SUKSESKAN JAMBORE PENYULUH KE 2 MEULABOH OKTOBER 2018

#Penyuluhsahabatpetani
Admin Roy_Dwj