BERITA

P4S Langgang Jaya Pratama Bangkitkan Gairah Petani Muda

person access_time7 hours ago chat_bubble_outlineKABUPATEN ACEH BESAR

NAMANYA Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) ‘Langgang Jaya Pratama.’ Tempat yang didirikan oleh Muhibuddin pada 6 Desember 2007 ini beralamat di Jalan Blang Bintang Lama, Kilometer 9,Gampong Lambro Bileu, Kecamatan Kutabaro, Aceh Besar. Lembaga yang kini menjadi sarana menuntut ilmu dan pelatihan yang bermutu dan berdaya guna bagi petani dari beberapa kabupaten/kota di Aceh awalnya hanya tempat usaha kecil-kecilan berupa penggemukan sapi milik pribadi Muhibuddin yang dikelolanya secara tradisonal alias turun temurun.

Setelah beberapa tahun menekuni pekerjaan tersebut, Muhibuddin yang hanya menamatkan pendidikan SMA mendapat info adanya pelatihan tentang pertanian di Kampus Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam, Banda Aceh. Dengan tekad ingin berubah,pria yang lahir di Lambro Bileu, 6 Juli 1980 ini memberanikan diri mengikuti pelatihan tersebut.

Ilmu yang didapat dari pelatihan itu dan wawasan yang diterima dari berbagai pihak lain, kemudian coba diterapkan oleh Muhibuddin dalam kegiatan usahanya. Lambat tapi pasti, usaha dari ayah tiga anak ini mulai membuahkan hasil. Di sela-sela menjalankan aktivitas sehari-hari, Muhibuddin juga terus memperdalam ilmunya di bidang pertanian dengan mengikuti berbagai pelatihan, seminar, workshop,dan kegiatan sejenis lainnya.

Dengan tekad kuat, Muhibuddin terus berupaya menambah pengetahuan tak hanya di Aceh. Malah,pria berusia 38 tahun ini sempat mengecap pendidikan dan pelatihan sampai ke Provinsi Sumatera Utara (pelatihan perikanan dari BPPP Medan) dan Badan Penyluhan Pertanian (BPP) Jambi. Hal itu dilakukan Muhibuddin karena dalam jiwanya tertanam kuat prinsip ‘kalau kita mau pasti ada jalan dan tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha.’ Apalagi, sumber daya untuk mendukung usaha itu tersedia cukup banyak di desa tersebut.

Lokasi usahanya di areal seluas 5.000 meter persegi ini sekarang menjadi tempat bermanfaat bagi orang banyak. Selain bisa menampung 15 warga desa itu sebagai pekerja,tempat yang kemudian dinyatakan layak menjadi P4S oleh pihak terkait sekarang sudah menjadi wadah menuntut ilmu dan pelatihan dalam bidang pertanian yang bermutu dan berdaya guna bagi sejumlah elemen masyarakat mulai dari mahasiswa, penyuluh pertanian, instansi pemerintah, dan petani.

Sekarang, P4S ‘Langgang Jaya Pratama’ setidaknya memiliki empat bidang usaha masing-masing pemijahan bibit lele dumbo, peternakan (penggemukan sapi),pengolah pupuk organik padat dan cair, serta tempat pelatihan bagi petani atau pihak lain seperti mahasiswa dan penyuluh. Untuk mendukung operasionalnya, P4S ‘Langgang Jaya Pratama’dilengkap prasarana dan sarana pendukung seperti perkarangan organik, kolam ikan, tempat ternak sapi dan domba pedaging, aula pelatihan, dan tempat penginapan bagi tamu.

Pelatihan yang sudah dilaksanakan oleh Muhibuddin dan pekerjanya antara lain cara membuat probiotik bagi mahasiswa Unsyiah, melatih penyuluh pertanian tentang cara pembuatan pestisida nabati dan pupuk kompos, pelatihan pemijahan ikan lele bagi mahasiswa Unsyiah, dan pelatihan fermentasi pakan ternak bagi petani.

Muhibuddin saat disambangi Haba Tani beberapa waktu lalu menyebutkan, untuk pengolahan pupuk organik padat, pihaknya selama ini sudah memproduksi bio hartan (pupuk organik padat) dan bio hara (pupuk cair). Sementara produk peternakan yang dihasilkan adalah bio farm & fishery (suplemen organic cair).

“Pelatihan yang kami lakukan antara lain tentang fermentasi limbah pertanian (limbah jerami dan batang pisang) untuk dijadikan pakan ternak. Pelatihan itu sudah kami laksanakan di Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya. “Pelatihan ada yang kami laksanakan di P4S Langgang Jaya Pratama dan ada juga yang kami datang langsung ke daerah asal peserta seperti tiga kabupaten tersebut. Kalau di Pidie Jaya, tahun lalu kami melatih petani dari enam kecamatan,” rincinya..

Benar saja, semangat pantang menyerah yang dimiliki Muhibuddin membuahkan hasil. P4S Langgang Jaya Pratama Bangkitkan Gairah Petani Muda “Pelatihan yang kami lakukan antara lain tentang fermentasi limbah pertanian (limbah jerami dan batang pisang) untuk dijadikan pakan ternak. Pelatihan itu sudah kami laksanakan di Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya.”-- MUHIBUDDIN,Pendiri P4S Langgang Jaya Pratama peserta seperti tiga kabupaten tersebut. Kalau di Pidie Jaya, tahun lalu kami melatih petani dari enam kecamatan,” rincinya.

 Keberhasilan P4S ‘Langgang Jaya Pratama’ menjadi lembaga menuntut ilmu dan pelatihan yang bermutu dan berdaya guna bagi petani membuat sejumlah lembaga tertarik untuk melihat langsung kegiatan di tempat tersebut. Di antara tamu penting yang pernah mengunjungi P4S itu adalah Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Penyuluhan Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Dr Ir Ranny Mutiara Chaidirsyah, perwakilan PT Asabri,delegasi ASEAN, dan anggota Alumni Magang Petani Jepang.

Tak hanya itu, prestasi yang diukir Muhibuddin cs juga mendapat apreasiasi dari pemerintah. Apreasiasi itu diterima P4S ‘Langgang Jaya Pratama’ dalam bentuk penghargaan seperti sertifikat dari Kementan RI pada tahun 2016 dan dari Pemerintah Aceh berupa Penghargaan sebagai Pelaku Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2018. Dalam menjalankan usahanya, P4S tersebut mendapat dukungan modal dari Bank BRI,Permodalan Nasional Madani (PMN),dan PT Asabri.

“Kalau perhatian dan pembinaan dari pemerintah, 70 persen kami terima dari Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh dan 30 persen dari Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh,” sebutnya. Khusus untuk Distanbun Aceh, sambung Muhibuddin, selama ini pihaknya menjadi penyuplai pupuk pupuk organik padat dan pupuk cair sebanyak 1.500 ton per tahun. Pupuk itu selanjutnya disalurkan oleh Distanbun untuk membantu petani di seluruh Aceh.

Dalam waktu dekat, tambah Muhibuddin, pihaknya akan bekerja sama dengan Pemkab Aceh Besar untuk melatih petani di kabupaten itu tentang cara membuat pakan ternak dari limbah pertanian. “Semua biaya untuk pelatihan tersebut menggunakan dana desa,” demikian Muhibuddin.(*)

admin website & sosmed Bidluh Roy_dwj